Wangxian

Wangxian

Selasa, 11 November 2008

Tentang Jepang

Jepang merupakan negara kepulauan. Dari utara sampai selatan pulau-pulau terjajar. terdapat 5 pulau besar dan banyak pulai kecil yang disebut kepulauan Jepang. Pulau paling besar adalah Honshu, disebelah utara pulau honshu terdapat Hokkaido. Di selatan terdapat Kyushu dan Shikoku, diujung selatan Kyushu terdapat kepulauan Okinawa.
Jepang dipisahkan menjadi 8 wilayah. Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugaku, Shikoku dan Kyushu.
Jepang memiliki banyak gunung, sekitar 70% nya merupakan pegunungan dan 30% nyamerupakan tanah lapang. Penduduk Jepang merupakan urutan ke-7 terbanyak di dunia. Tanah lapang di Jepang terus menyambung dari utara sampai selatan, karena itu bagian utara dan selatan memiliki iklim berbeda. Wilayah uatara suhunya rendah sedangkan wilayah selatan suhu udaranya tinggi.
Musim Semi (Maret-Mei)
Musim Panas (Juni-Agustus)
Musim Gugur (September-November)
Musim Dingin (Desember-Februari)
Tahun ajaran baru sekolah di Jepang dimulai pada bulan April yang terang dan hangat. Musim mekarnya bunga sakura pada musim semi dimulai dari daerah yang bersuhu hangat yaitu sebelah selatan terlebih dahulu (kepulauan Okinawa) kemudian perlahan-lahan merata ke seluruh Jepang. Sedangkan pada musim gugur, musim menguningnya pohon Momiji (Maple) adalah dari daerah yang bersuhu lebih dingin ke daerah yang bersuhu lebih hangat dimulai dari daerah utara (Hokkaido).
Ibukota Jepang adalat Tokyo yang merupakan wilayah Kanto.
Bersambung..



*Diterjemahkan secara asal-asalan dari buku Nihon Shi (Sejarah Jepang) setelah ditambahi dan dikurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar