Wangxian

Wangxian

Kamis, 04 Desember 2008

Shogi, Let's become Shikamaru for a bit :hihihi (Sambungan..)

SHOGI TIPS AND TRICK 2

ENDGAME STRATEGI

Seperti yang sudah saya sebutkan pada Tips dan Trick sebelumnya, Endgame pada shougi bertujuan untuk mempersiapkan posisi mat bagi King lawan. Jika pertandingan sudah memasuki babak ini asumsinya, piece-piece salah satu pemain (atau kedua pemain) sudah begitu bebas memasuki wilayah lawan masing-masing dan mulai membatasi pergerakan King lawan masing-masing. Berikut adalah hal-hal yang harus diingat-ingat kaitannya dalam ENDGAME. Yakni Check, Escape Check, Blocking King Movement, dan Blocking while Checking.

ESCAPE CHECK

Escape Check adalah reply atau jawaban atau respons dari sebuah check untuk menghindarkan King dari ancaman capture oleh piece lawan.

Total ada 5 macam Escape Check. Yakni :
1. Evasive King (EK) ==> King berpindah ke petak lain yang tidak dijaga atau dipengaruhi piece lawan.
2. Capture by Piece (CP) ==> Piece lawan yang melakukan Check dicapture oleh piece lain (selain King).
3. Capture by King (CK) ==> Piece lawan yang melakukan Check dicapture oleh King sendiri.
4. Block Piece (BP) ==> Mem-blok jalur Check dengan mempergunakan piece yang sudah ada di papan.
5. Block Drop (BD) ==> Mem-blok jalur Check dengan men-drop piece yang memungkinkan untuk drop di jalur Check tersebut.

Apabila terdapat sebuah check dan tidak ada satupun dari ke-lima macam Escape Check di atas yang dapat dilakukan, maka keadaan tersebut disebut Checkmate. Pihak yang Kingnya mengalami Checkmate kalah.

Terkadang dalam setiap check, ada banyak kemungkinan Escape Check yang bisa kita lakukan. Namun dalam memilih macam Escape Check, atau dalam memilih petak baru apabila anda memutuskan melakukan Evasive King, adalah soal keamanan King anda setelahnya. Untuk menambah kemampuan dalam memilih Escape Check yang terbaik ada baiknya anda juga mempelajari tentang Blocking the King Path pada bagian selanjutnya.

CHECK

Check adalah sebuah keadaan di mana sebuah piece hanya tinggal butuh selangkah lagi untuk meng-capture King lawan. Dengan kata lain, Check merupakan ancaman Capture sebuah piece terhadap King lawan.

Ada 3 macam Check. Yakni :
1. Melee Check ==> Check dilakukan di salah satu jalur movement King. Escape Check yang memungkinkan untuk mengantisipasi adalah EK, CP, atau CK. Hanya bisa dilakukan oleh Pawn, Lance, Silver, Gold, Promoted Pawn, Promoted Lance, atau Promoted Silver.
user posted image


2. Range Check ==> Check dilakukan dari jarak jauh, di luar delapan jalur movement King lawan. Di antara tiga macam Check, model ini paling tidak mematikan karena mungkin diantisipasi oleh kelima macam Escape Check. Model Check semacam ini biasanya diperuntukkan sebagai pengawal dari serangan terhadap King lawan. Check ini hanya bisa dilakukan oleh Bishop, Rook, Dragon King (Promoted Rook), Lance. atau Dragon Horse (Promoted Bishop).
user posted image user posted image user posted image


3. Knight Check ==> Check dilakukan dengan mempergunakan Knight. Escape Check yang memungkinkan untuk mengantisipasi adalah EK atau CP.
user posted image


BLOCKING the KING MOVEMENT

Normalnya King memiliki delapan (8) jalur movement (Movement Route). Apabila diserang, maka jalur movement ini biasanya disebut juga sebagai jalur kabur (Escape Route). Mari kita namai delapan jalur tersebut sesuai arah mata angin, dalam bahasa Inggris.

North / N (atas)
North East / NE (kanan atas)
East / E (kanan)
South East / SE (kanan bawah)
South / S (bawah)
South West / SW (kiri bawah)
West / W (kiri)
North West / NW (kiri atas)
user posted image


Blocking the King Movement adalah proses membatasi atau memblok Movement Route King, tanpa mengancam King tersebut. Setiap piece memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam membatasi pergerakan King.

Pawn ==> maks. 1 petak (N)
user posted image


Bishop ==> maks. 2 petak (N-E / N-W / S-W / S-E)
user posted image


Rook ==> maks. 3 petak (N-NE-NW / S-SE-SW / NW-W-SW / NE-E-SW)
user posted image


Lance ==> maks. 3 petak (NW-W-SW / NE-E-SW)
user posted image


Knight ==> maks. 2 petak (W-E / SW-SE)
user posted image


Silver ==> maks. 3 petak (N-NE-NW)
user posted image


Gold, Promoted Pawn, Promoted Lance, Promoted Knight, Promoted Silver ===> maks. 3 petak (N-NE-NW)
user posted image


King ===> maks. 3 petak (N-NE-NW / S-SE-SW / NW-W-SW / NE-E-SW)
user posted image


Dragon Horse (Promoted Bishop) ==> maks. 3 petak (N-NE-NW / S-SE-SW / NW-W-SW / NE-E-SW / N-NW-W / N-NE-E / NW-W-S / SW-W-N / SW-S-E / SE-S-W / SE-E-N / NE-E-S)
user posted image


Dragon King (Promoted Rook) ==> maks. 4 petak (N-NE-E-SE / N-NW-W-SW / W-NW-N-NE / W-SW-S-SE / S-SW-W-NW / S-SE-E-NE / E-SW-S-SE / E-NW-N-NE)
user posted image


BLOCKING while CHECKING

Selain men-check CHECKER juga punya kemampuan memblok beberapa jalur escape King. Jika diasumsikan bahwa CHECKER tidak bisa dicapture oleh piece apapun, maka bila CHECKER nya adalah Gold general (atau Promoted pawn, Promoted Lance, Promoted Knight, dan promoted Silver) dan CHECK-nya dilakukan secara Melee dari arah North, maka selain men-check King tersebut, Gold General ini bisa memblok 4 jalur movement King sekaligus dan hanya menyisakan 3 jalur movement di belakangnya. Apabila King dalam keadaan terpojok, maka kondisi tersebut bisa menghasilkan Check-mat.
Bila dilakukan oleh Dragon King (Promoted Rook) maka King hanya bisa mundur diagonal saja.

Tips :
1. Latihlah kemampuan Endgame anda dengan menyelesaikan Tsume-shogi (problem Shogi)
2. Dalam hal memilih Escape Check yang tersedia pada setiap dalam kondisi terkena CHECK, maupun apabila memutuskan mencari petak baru bila memutuskan melakukan Escape King, sebaiknya pikirkan keselamatan King anda di petak baru atau posisi baru.
3. Sebelum melakukan Check, ada baiknya anda mencoba melakukan Blocking the King Movement
4. Berusaha perkuat petak-petak penting yang memungkinkan lawan menjadikan petak tersebut sebagai fondasi serangan terhadap raja, dengan men-drop atau menggerakkan piece-piece di sekitar petak tersebut yang mampu meng-cover petak tersebut. Bila perlu letakkan piece untuk menghindari drop lawan.
5. Begitupun apabila dalam menyerang selalu pergunakan serangan berlapis dan cover petak-petak penting yang berguna sebagai landasan dalam penyerangan anda
6. Jangan segan-segan mengorbankan piece anda untuk menyeret King lawan ke arah petak yang di sekitarnya sudah adna persiapkan jebakan. Siapkan jebakannya terlebih dahulu baru lakukan pengorbanan. Tapi korbankan saja piece-piece yang tidak terlibat dalam proses penyergapan terhadap King lawan.
7. Apabila petak penting yang berguna sebagai landasan menyerang King lawan, telah dijaga piece lawan, jangan segan-segan untuk mempergunakan Piece anda yang tidak terpakai untuk menjauhkan piece lawan tersebut dari pengaruhnya terhadap petak penting tersebut.
8. Pertimbangkan setiap kemungkinan pilihan Escape Check yang lawan mungkin pilih agar persentase keberhasilan serangan anda semakin besar.
9. Begitupun dalam bertahan, pertimbangkan setiap kemungkinan serangan lawan berikutnya dari setiap alternatif Escape Check yang anda miliki agar persentase keberhasilan menggagalkan serangan lawan semakin besar.

by silver_sky on Dec 5 2008, 01:28 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar