Wangxian

Wangxian

Selasa, 21 Oktober 2008

Nihon-go no Noryouku Shiken (Tes Kemampuan Berbahasa Jepang)

Akhir tahun ini saya akan ikut Nihon-go no Nouryoku Shiken (Japanese Language Procifient Test) level 3.

Nihongo Nouryoku Shiken atau Japanese Language Procifient Test (JLPT) adalah Ujian Kemampuan Bahasa Jepang yang diperuntukan bagi mereka yang bermukim di dalam/luar Jepang yang dalam percakapan sehari-hari tidak menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa ibu. Maksud dari ujian ini adalah untuk menguji dan mengukur kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki.

Sponsor penyelenggara untuk wilayah Jepang adalah Japan Educational Exchanges and Service (JEES), sedangkan untuk wilayah luar Jepang disponsori oleh Japan Foundation. Penyelenggaran ujian dilakukan serentak di seluruh dunia. Untuk tahun 2008, pendaftaran NNS atau JLPT ini dibuka dari 1 Augustus 1 (Jumat) sampai 12 September (jumat) 2008. Formulir yang dikirim melewati tanggal tersebut tidak akan diterima. Formulir pendaftaran untuk wilayah Jepang dapat dibeli di toko-toko buku besar, sedangkan di Indonesia biasanya dapat diambil di sekolah-sekolah/lembaga-lembaga yang menylenggarakan mata pelajaran bahasa Jepang. Biaya formulir dan pendaftaran untuk daerah Jepang adalah 5.500 yen. Ujiannya sendiri akan dilaksanakan 7 Desember 2008 (Minggu)

Isi test bahasa Jepang ini dibagi tiga yaitu: Writing (Bunpou), Reading (Dokkai), Choukai (Listening). Level untuk mengikuti test kemampuan bahasa Jepang ini terbagi empat, dengan standar kriteria:

- Level 4 --> Menguasai 100 kanji dan 800 kata-kata, bisa memahami percakapan (kaiwa) standar dalam kehidupan sehari-hari, memahami kosakata standar. Diperuntukan bagi mereka yang telah mempelajari bahasa Jepang selama 150 jam (level dasar - elementary course).

- Level 3 --> Menguasai 300 kanji dan 1,500 kata-kata, bisa memahami percakapan (kaiwa) standar dalam kehidupan sehari-hari, memahami kosakata standar. Diperuntukan bagi mereka yang telah mempelajari bahasa Jepang selama 300 jam (level dasar - elementary course).

- Level 2 --> Menguasai 1.000 kanji dan 6.000 kata-kata, bisa memahami percakapan, membuat cerita, membaca berita dengan baik dalam kehidupoan sehari-hari. Diperuntukan bagi mereka yang telah mempelajari bahas Jepang 600 jam (level menengah - intermediate course).

- Level 1 --> Menguasai 2.000 kanji dan 10.000 kata-kata, dapat memahami percakapan, membuat tulisan dan membaca berita dengan fasih dalam kehidupan sehari-hari. Diperuntukan bagi mereka yang telah mempelajari bahasa Jepang 900 jam.

info lebih lanjut bs dilihat di:
http://www.jees.or.jp/jlpt/en/jlpt_guide.html

*http://aishliz.multiply.com/journal/item/21

2 komentar:

  1. wow! setelah liat ke situsnya. ternyata mahal juga ya. ada yang ingin saya tanyakan, apakah kita test lewat internet atau ada tempat khususnya? kalo ada, dimana?
    terima kasih

    BalasHapus